Pemulihan Kanker Laring


Jika Anda telah menghilangkan sebagian atau semua sel kanker laring Anda (laryngectomy), kemungkinan Anda harus menghabiskan 1 atau 2 hari di unit perawatan intensif sampai Anda pulih.

Artria mengingatkan bahwa Anda tidak akan bisa makan sampai tenggorokan Anda sembuh, yang bagi kebanyakan orang membutuhkan setidaknya 1 atau 2 minggu. Sementara tenggorokan Anda sembuh, Anda harus diberi makan melalui tabung yang melewati hidung Anda dan masuk ke perut Anda.

Jika semua laring Anda dihapus (total laryngectomy), Anda tidak akan dapat berbicara dengan normal, karena Anda tidak lagi memiliki pita suara. Sejumlah teknik dapat digunakan untuk mereplikasi fungsi pita suara Anda (lihat di bawah), meskipun itu bisa memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk dipelajari.

Karena itu, kemungkinan Anda perlu menggunakan metode komunikasi alternatif, seperti menggunakan pena atau kertas, selama beberapa minggu atau bulan pertama setelah operasi. Ini bisa menjadi pengalaman yang membuat frustrasi - kehilangan sesuatu yang sebelumnya Anda anggap remeh bisa sulit untuk diatasi.

Coba persiapkan diri Anda untuk orang asing yang bereaksi dengan cara yang tidak terduga dan mungkin mengecewakan. Beberapa orang yang telah menjalani laringektomi melaporkan bahwa orang lain terkadang menganggap mereka tuli atau kesulitan belajar karena ketidakmampuan mereka untuk berbicara.

Emosi Anda
Dampak emosional dari hidup dengan laringektomi dapat menjadi signifikan. Banyak orang melaporkan mengalami efek rollercoaster.

Sebagai contoh, Anda mungkin merasa sedih ketika kanker laring didiagnosis, kemudian merasa setelah kanker telah diangkat, kemudian merasa turun lagi ketika Anda mencoba untuk menyesuaikan diri dengan praktik hidup dengan laringektomi.

Perubahan emosional ini kadang-kadang dapat memicu perasaan depresi. Anda mungkin mengalami depresi jika merasa sangat sedih selama sebulan terakhir dan Anda tidak lagi senang melakukan hal-hal yang biasanya Anda nikmati.

Hubungi dokter umum atau tim perawatan Anda untuk nasihat jika Anda merasa depresi. Ada berbagai perawatan efektif yang tersedia.

National Association of Laryngectomee Clubs (NALC) juga merupakan sumber daya yang berguna bagi orang yang mencoba berdamai dengan hidup dengan laryngectomy. NALC adalah kelompok pendukung pasien yang memberikan saran tentang semua aspek kehidupan dengan laryngectomy.

Merawat stoma Anda
Jika semua laring diangkat, dokter bedah perlu membuat lubang permanen di tenggorokan untuk bernapas (stoma). Selama beberapa bulan pertama setelah operasi, kemungkinan stoma Anda akan menghasilkan banyak lendir, terutama jika Anda sudah menjalani radioterapi.

Lendir yang berlebihan dapat menyebabkan kesulitan bernafas, sehingga tabung mungkin melekat pada stoma Anda untuk membantu Anda bernapas lebih mudah. Setelah produksi lendir telah menetap, tabung dapat dikeluarkan.

Sangat penting untuk membersihkan stoma Anda setidaknya sekali sehari, jika tidak maka akan menjadi rapuh dan rentan terhadap infeksi. Seorang perawat spesialis dapat mengajari Anda cara menjaga stoma Anda tetap bersih.

Anda akan diberikan filter khusus untuk diletakkan di atas stoma Anda yang dapat membantu menjaga stoma Anda tetap lembab dan bebas dari kuman.

Penting untuk diingat bahwa Anda harus menutup stoma dengan tisu saat Anda batuk atau bersin, alih-alih menutupi mulut atau hidung. Ini karena lendir atau air liur akan keluar dari stoma Anda.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang menyesuaikan diri dengan stoma di Buku Pegangan untuk pasien laringektomi (PDF, 508kb) yang diproduksi oleh NALC.

Berbicara setelah operasi
Jika laring Anda telah sepenuhnya dihapus sebagai bagian dari perawatan Anda untuk kanker laring, Anda akan memerlukan perawatan tambahan untuk membantu memulihkan suara Anda.

Sebelum laryngectomy, Anda dapat menemui terapis wicara dan bahasa (SLT) untuk membahas opsi perawatan yang memungkinkan untuk memulihkan suara Anda. SLT adalah profesional perawatan kesehatan yang berspesialisasi dalam membantu orang yang kesulitan berbicara dan menggunakan bahasa.

Ada beberapa opsi perawatan yang berbeda, yang secara singkat diuraikan di bawah ini.

Prostesis suara
Prostesis suara adalah katup buatan yang ditanamkan ke leher Anda. Ketika Anda ingin berbicara, Anda menutup stoma dan menghembuskan napas melalui katup.

Katup menghasilkan suara, yang dapat Anda gunakan untuk membuat kata-kata dengan menggerakkan bibir dan mulut Anda dengan cara yang biasa. Suara yang dihasilkan oleh katup terdengar alami, meskipun mungkin bernada lebih rendah dari suara Anda sebelumnya.

Jika Anda memilih prostesis suara, alat ini dapat dipasang selama operasi untuk mengangkat laring Anda.

Pidato esofagus
Pidato esofagus adalah teknik untuk berbicara yang SLT Anda bisa ajarkan kepada Anda. Ini melibatkan belajar mendorong udara melalui kerongkongan (kerongkongan) Anda. Saat udara bergerak melalui kerongkongan Anda, ia bergetar dan mengeluarkan suara. Anda dapat menghasilkan kata-kata dengan menggerakkan bibir dan mulut Anda.

Beberapa orang merasa cukup mudah untuk belajar pidato esofagus, sedangkan yang lain merasa sulit. Latihan teratur sendiri dan dengan SLT Anda dapat membantu Anda meningkatkan.

Electrolarynx
Electrolarynx adalah perangkat listrik kecil yang dioperasikan dengan baterai yang bergetar dan menghasilkan suara. Anda memegang perangkat di bawah dagu Anda, dan seperti Anda gerakkan mulut dan bibir Anda getaran itu diterjemahkan ke dalam kata-kata yang diucapkan. SLT Anda dapat melatih Anda untuk menggunakannya dengan benar.

Subscribe to receive free email updates: